Introduction to fusion

Pengantar fusi

Plasma di JET
Fusi nuklir adalah salah satu pilihan yang paling menjanjikan untuk menghasilkan sejumlah besar energi bebas karbon di masa depan.

Ilustrasi reaksi fusiFusion adalah proses yang memanaskan Matahari dan semua bintang lainnya, di mana inti atom bertabrakan bersama dan melepaskan energi (dalam bentuk neutron, lihat diagram di sebelah kanan). Fusion ilmuwan dan insinyur sedang mengembangkan teknologi untuk menggunakan proses ini di pembangkit listrik besok.

Untuk mendapatkan energi dari fusi, gas dari kombinasi jenis hidrogen – deuterium dan tritium – dipanaskan sampai suhu yang sangat tinggi (100 juta derajat Celsius). Salah satu cara untuk mencapai kondisi tersebut adalah metode yang disebut ‘kurungan magnetik’ – mengendalikan gas panas (dikenal sebagai plasma) dengan magnet yang kuat. Perangkat yang paling menjanjikan untuk ini adalah ‘tokamak’, kata Rusia untuk ruang magnetik berbentuk cincin.

Lihat juga: Cara kerja fusi 

Keuntungan kekuatan fusi

Dunia membutuhkan cara baru yang lebih bersih untuk memasok peningkatan permintaan energi kita, karena kekhawatiran tumbuh dari perubahan iklim dan penurunan persediaan bahan bakar fosil. Pembangkit listrik menggunakan fusi akan memiliki sejumlah keuntungan:

  • Tidak ada emisi karbon. Satu-satunya oleh-produk dari reaksi fusi adalah sejumlah kecil helium, yang merupakan gas inert yang tidak akan menambah polusi udara.
  • Bahan bakar yang melimpah. Deuterium dapat diekstraksi dari air dan tritium dihasilkan dari lithium, yang ditemukan di kerak bumi. Pasokan bahan bakar karena itu akan berlangsung selama jutaan tahun.
  • Efisiensi energi. Satu kilogram bahan bakar fusi dapat memberikan jumlah energi yang sama seperti 10 juta kilogram bahan bakar fosil.
  • Limbah radioaktif tidak lama tinggal. komponen tanaman Hanya menjadi radioaktif dan ini akan aman untuk mendaur ulang atau membuang konvensional dalam 100 tahun.
  • Keselamatan. Jumlah kecil bahan bakar yang digunakan dalam perangkat fusi (tentang berat prangko pada satu waktu) berarti bahwa kecelakaan nuklir skala besar tidak mungkin.
  • Handal kekuasaan. pembangkit listrik Fusion harus menyediakan pasokan beban-dasar dari listrik dalam jumlah besar, dengan biaya yang diperkirakan secara luas mirip dengan sumber energi lainnya.

Lihat juga: Mengapa fusi dibutuhkan

JET plasma ditumpangkan di dalam foto kapal JET vakumKemajuan dalam penelitian fusi

Banyak rintangan ilmiah dalam fusi kini telah diatasi oleh para peneliti. Tokamak terbesar di dunia, JET (Joint European Torus) , telah menghasilkan 16 megawatt listrik fusi dan membuktikan kelayakan teknis fusi menggunakan deuterium dan tritium, saat ini dianggap sebagai bahan bakar paling efisien. Tantangannya sekarang adalah untuk membuktikan fusi dapat bekerja pada skala pembangkit listrik.

Lihat juga: tokamak The

Langkah-langkah selanjutnya

Penelitian fusi internasional mengikuti peta jalan untuk mencapai pembangkit listrik dalam waktu 30 tahun. Ini berfokus pada tiga proyek utama:

  • ITER – sebuah proyek multinasional yang sedang dibangun di selatan Perancis. ITER akan menjadi 500 megawatt tokamak (setara dengan pembangkit listrik kecil) dan bertujuan untuk memastikan bahwa tenaga fusi akan mungkin pada skala komersial;
  • IFMIF (International Fusion Bahan Fasilitas Iradiasi) – sebuah perangkat yang akan menguji bahan yang dibutuhkan dalam pembangkit listrik fusi, direncanakan untuk beroperasi secara paralel dengan ITER;
  • DEMO – pembangkit listrik demonstrasi memasok fusi listrik ke grid. Hal ini sedang dirancang sekarang dan akan dibangun selama ITER dan operasi IFMIF. Jika berhasil, maka akan diikuti oleh generasi pertama pembangkit listrik fusi komersial.

Lihat juga: Mencapai daya fusi

Fusion di Inggris

Program penelitian fusi Britania Raya yang berbasis di Culham Pusat Fusion Energi (CCFE) di Oxfordshire.Pekerjaan ini didanai oleh Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam Research Council dan oleh Uni Eropa di bawah perjanjian Euratom.

Inggris memberikan kontribusi untuk penelitian fusi dalam dua cara utama:

  • Its Program fusi sendiri, berpusat pada MAST (Mega Amp Bulat tokamak) perangkat. Program Inggris juga membuat kontribusi penting untuk persiapan ITER dan teori, bahan dan penelitian teknologi;
  • JET operasi, percobaan unggulan Eropa. JET terletak di CCFE sebelah laboratorium fusi Inggris. CCFE host fasilitas JET atas nama peneliti fusi di Eropa melalui kontrak antara Komisi Eropa dan Inggris Energi Atom Authority.

source: http://www.ccfe.ac.uk/introduction.aspx
Lihat juga: Penelitian di CCFE

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s